Tawadhu’

فائدة: من خط السمهودي قال: من فضل التواضع ما ذكر أن الله تعالى أتحف آدم عليه السلام بخاتم فقال الإبهام: أنا أحق به منكن لكوني منفرداً، وقالت السبابة: أنا أحق به لكوني مسبحة، وقالت الوسطى: أنا أحق به لكوني أطولكن، وقالت البنصر: أنا أحق به لكوني طرفاً، فيئست الخنصر منه لانكسارها وصغرها فخصها الله به ورفعها بتواضعها لكونها لم تر نفسها مستحقة  اهـ.  بغية المسترشدين

Diantara keutamaan tawadhu’, diriwayatkan bahwa Alloh Ta’ala memberi hadiah sebuah cincin kepada Nabi Adam ‘Alaihis Salam. Ibu jari berkata: “aku lebih berhak daripada kalian, karena aku sendirian (terpisah dari yang lain). Telunjuk berkata: “aku lebih berhak, karena aku telunjuk (digunakan untuk menunjuk)”. Jari tengah berkata: “aku lebih berhak, karena aku paling panjang”. Jari manis berkata: “aku lebih berhak, karena aku berada paling ujung”. Jari kelingking tidak berharap dengan cincin tersebut karena ia merasa paling kecil, maka Alloh memilih kelingking untuk (mendapatkan hadiah) cincin tersebut, Alloh mengangkat derajat kelingking karena ketawadhu’annya (rendah hati) karena ia merasa dirinya tidak mempunyai hak.
[Bughyah al-Mustarsyidin]
FB Comments
0 Blogger Comments

0 comments:

Posting Komentar

Home